Apa Itu Test Point ? Lalu Apa Fungsinya

10.29
Assalamualaikum wr.wb.


Pada artikel sebelumnya Haikal sudah membahas tentang Peralatan Service HP Untuk Pemula.
Nah pada artikel kali ini Haikal akan share Apa Itu Test Point ? dan juga fungsinya mas/mbak.


Test point dalam dunia teknisi ponsel digunakan untuk memperbaiki ponsel yang rusak di bagian ic flashnya mas/mbak, entah itu nanti mas/mbak ingin dikerjakan dengan TP yang hard maupun yang soft tespoint, tergantung dari merk hp yang mas/mbak tangani, contohnya dari tingkat kerusakan ic flash yang corrupt dan tingkat sekuritas pengunci loader ic flash itu sendiri.

Sedangkan alat yang digunakan untuk test poin hardware cukup sederhana, yaitu hanya dengan pinsheet saja sudah bisa,tapi tingkat kesulitan, dan ketelitiannya sangat tinggi, karena menjalankan test point ini ic flash dalam keadaan hidup alias flash mode.

Baca Juga:

  1. Cara Mudah Flashing Huawei Ascend Y530-U00 Tanpa PC Via Dload Folder (TESTED)

  2. Apa itu Skematik atau Gambar Skema pada Ponsel ?

  3. Peralatan Service HP Untuk Pemula


Dalam dunia ponsel atau handphone test poin memiliki pengertian dasar yang hampir sama pada modul elektronika, tetapi dalam dunia teknisi ponsel lebih familiar pengertian test point itu ada 2 jenis mas/mbak, yaitu Hard Test Point dan Soft Test Point.

Test Point bersifat tersembunyi dan tidak mudah ditemukan karena sifatnya yang sangat fital alias penting, terkecuali memang ada datasheetnya, akan mungkin titik ini lebih mudah ditemukan mas/mbak.


Perbedaan Hard Test Point dan Soft Test Point

 

Hard Test Point

Hard Test Point adalah test yang dilakukan dengan cara penekanan hardware / jalur tertentu, bisa dengan membuat jumper point maupun dengan memotong jalur pada point tertentu, tujuan utamanya adalah melewati proteksi bootcore.

Soft Test Point

Soft Test Point adalah melakukan tes dengan menggunakan algoritma yang tertanam dalam sebuah program yang fungsinya mengunci akses perubahan bootcore atau checksum loader IC Flash atau EPROM, test poin ini memiliki tujuan yang sama dengan hard test point, tetapi biasanya digunakan pada ic bga / microchip yang kaki ic / bga ballnya di tutup dengan lem pelindung, sehingga tidak memungkinkan untuk melakukan hard test point.


Test Point (TP) termasuk salah satu metode ilmu servis ponsel atau servis tool ponsel yang biasanyaa juga digabungkan dengan Box flasher, seperti contoh saat ini Ufi box yang digunakan para teknisi untuk menggarap emmc/emcp smartphone dimana pada box flasher ini telah diberikan tempat dimana para teknisi dapat melakukan test point pada soket bga yang ada.

Jadi mas/mbak test point ini memiliki resiko yang tinggi mengingat fungsi dan penempatannya pada area yang sangat vital dalam sebuah modul digital handphone. Maka dari itu mengingat fungsi dan konsep dasar test point yang sangat vital ini, disarankan mas/mbak untuk memiliki basic yang cukup matang didunia Servis Handphone

Cuman segitu aja mas/mbak postingan yang bisa Haikal informasikan kepada kalian.
JANGAN LUPA Like dan Komentar nya ya agar blog saya bisa berguna bagi anda
SEMOGA BERMANFAAT :)
Terima Kasih atas kunjungannya


Wassalamualaikum wr.wb

Artikel Terkait

Previous
Next Post »